tar lagi gw pulang

tar lagi,,
beberapa jam lagi gw balik niy ke bandung,,
udah ampir jam satu lewat,,tapi ini mata gbsa dpejemin..
tadi cerita2 ma papa n mama,,ternyata udah lama banget ya ga ngbrol kayak tadi..
untung ajah yang dtanyain bukan masalah kapan mw n****h...
(binun mesti jawab apa,,ati alun maadok lai do;p)

si papa ma si mama masih belon tdur,,
kayknya masih ngbrolin anak co nya yang habis poto pake jas..
pada rebutan klaim klo itu pure nyiplak muka mereka..
aneh ya...

cepet banget rasanya iniy liburan,,masih pengen nambah padahal..
tapi apa daya tiket pesawat sudah terbeli,,
ya sudahlah,,drpada hanguus..
emang dasar ga niat,,mpe detik ini ajah gw masih belon beresin ini barang2 yang mw dbawa..
hahaha,,dsar lilid sinting,,

td gw sempet ikutan salah satu prosesi perkawinan di mana gw lahir,,
namanya,,"manjapuik marapulai"
well,,ini salah satu tradisi yang harus dilakukan (sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak,,tp sebenernya siy ga dilakuin juga gpp,,tp klo yang bener2 asli siy harus ngikutin salah satu prosesi ini)..
klo udah ngomong adat buntutnya pasti panjang banget,,
walopun ga ngerti,,ya setidaknya gw masih tetep duduk manis di tengah orang2 yang datang manjapuik si marapulai...orang2 yang dtuakan,,ya termasuk si papa mulai lah berbalas pantun dengan pihak wanita,,untung banget si papa bahasa nya campur2,,jadi masih bisa di link pantun2 tadi,,klo ga..udah de,,ga bkalan bisa ngerti sayah,,
tapi karena si marapulai nya lagi sakit,,proses manjapuik-nya gagal,,prosesi adat yang ngasi seserahan berupa jas n sepatu udah dianggap beres,,tp marapulai nya ga dkasih bwat dbawa ke rumah istrinya..duuuh,,kenapa adat bikin ribet yaa,,n barusan ajah gw bukain pintu bwat bantuin si anak daro masuk ke rumah si marapulai (gw n marapulai itu tetanggaan,,jadi gara2 denger2 klakson mobil gw keluar n ngeliat si anak daro udah ada di depan rumah marapulai,,katanya siy pengen ngerawat,,hmm so sweet bwat sesi yang ini)

tapi overall,,setidaknya banyak pelajaran yang bisa gw ambil bwat hari ini,,gw juga ga tau kapan gw bisa dapet pelajaran yang kayak gini lagi..plajaran nya,,ya begitulah adat,,itu sesuatu yang harus dipelihara,,itu suatu kekayaan dari suku ini,,tapi adat juga bisa fleksibel,,balik lagi ke diri pribadi masing2..

hadeeeuh,,teu jelas de iniy ngomong apa,,sudah setengah dua temans,,
saya mw beres2 dulu yaa,,mw bobo,,
ngantuk juga ternyata...
hahaha..

bye.....................

*marapulai : penganten pria
*anak daro : penganten wanita
*manjapuik marapulai : jemput penganten pria dr rumahnya trus dbawa ke rumah penganten wanita

0 komentar: